Saturday, November 9, 2013

Cara Merawat Laptop Yang Baik



Cara Merawat Laptop Yang BaikFilosofi dari Laptop anda yang mengalami "Lagger" atau "Lemot" berdasarkan pengalaman saya pada Laptop / PC adanya kerusakan atau kotor didalam software dan hardware anda yaitu berupa virus atau debu di dalam Laptop / PC anda. kali ini saya akan berbagi kepada anda bagaimana cara merawat Laptop / PC anda agar tidak terkena penyakit-penyakit seperti itu.
Bicara tentang Laptop, apakah Anda seorang pengguna Laptop? Jika iya alangkah baiknya Anda selalu checkup laptop anda setiap sebulan sekali. Laptop merupakan sebuah perangkat elektronik yang sangat sensitif, jika sedikit saja ada kerusakan maka kita harus siap-siap mengeluarkan biaya yang tidak sedikit jumlahnya mengingat harga komponen laptop yang harganya cukup mahal. 

Dengan beberapa tips yang saya berikan dibawah ini mungkin anda harus mencobanya dan mengaplikasikannya. Inilah tips-tips yang saya berikan adalah berikut:


1. Jangan letakkan Laptop di sembarang tempat . Hal ini bertujuan untuk mengurangi resiko laptop terinjak (jika diletakkan di lantai), menghindari resiko laptop terjatuh (jika diletakan di meja yang cukup tinggi). Taruhlah laptop di tempat yang aman seperti di dalam lemari dan di tempat aman lainnya. 


2. Gunakan Stabilizer saat Anda menggunakan laptop dengan menggunakan listrik langsung tanpa baterai. Hal ini bertujuan untuk mencegah terjadinya kerusakan perangkat akibat tegangan listrik yang tidak stabil. 

3. Jangan sekali-sekali meletakkan benda berat dan benda cair diatas Laptop karena membuat resiko yang besar terhadap apa yang tidak di inginkan.

4. Jangan letakkan benda apapun di antara keyboard dan layar laptop saat laptop ditutup. Hal ini bertujuan untuk menghindari resiko layar laptop tergores. Jika laptop Anda menggunakan layar LCD, sedikit goresan pada layar bisa berakibat fatal.

5. Gunakan kipas pendingin laptop untuk menjaga komponen-kompnen laptop tetap dingin.

6. Gunakan tas laptop yang bagus dan pas. Hindari menggunakan tas laptop yang kecil dan sempit. Hal ini bertujuan agar tidak ada goresan atau tekanan pada bagian laptop. Penggunaan tas laptop yang terlalu longgar juga dapet mengakibatkan goncangan pada laptop.

7. Pada saat laptop menyala jangan sekali-kali menutup layar laptop. Jika hal ini sering dilakukan dapat menyebabkan layar laptop cepat rusak.

8. Bersihkan laptop secara berkala (biasakan sebulan sekali), bisa dimulai dari bagian LCD, bagian keyboard dan bagian-bagian laptop lainnya. Gunakan lap pembersih yang lembut agar tidak menggores permukaan laptop.

9. Gunakan Antivirus. Jika laptop Anda sering digunakan untuk sharing data atau sering digunakan untuk browsing internet, laptop Anda akan rentan sekali terjangkit virus. Untuk menghindari kerusakan atau kerugian yang dapat ditimbulkan Virus sebaiknya Anda menginstal Anti-virus.

10. Jangan memindah-mindahkan laptop pada saat laptop masih menyala. Hal ini bertujuan untuk menghindari kerusakan pada bagian harddisk Laptop.

Semoga tips-tips diatas berguna bagi anda semua.
Posted by: APM SEVEN
APM SEVEN, Updated at: 11:26 AM

0 komentar:

Post a Comment